Saturday, August 6, 2016

CARA UPGRADE KINERJA CVT MATIC

      hingga saat ini skubek masih merajai pasar sepeda motor tanah air. tak heran jika masih banyak melihat motor jenis ini sliweran di jalanan. malah tak sedikit yang larinya mampu menyaingi motor bertranmisi manual dengan kapasitas mesin diatas nya.pasti motor tersebut sudah di upgrade performanya ole sang pemilik. baik di sektor dapur pacu maupun pada sistem dayanya, alias CVT. nah..buat sobat yang tertarik bikin kenceng lari skubek kesangan lewat oprek CVT nya nih ada beberapa trik. 




SUBTITUASI KAMPAS SENTRIFUGAL
pada bebrapa skubek, kadang agak susah nyari kampas sentrifugal. atau bawaan motor dianggap kurang mumpuni kinerjanya, sehingga mekanik coba mengakali pakai motor lain. baik beda merek maupun satu pabrikan alias masih saodaranya
      Kali ini yang kebanyakan pakai trik saling tukar ini, menggunakan satu merek, misalnya kampas sentrifugal honda vario tecno 125 bisa pakai PCX 150. Nah...motor apa saja yang bisa subtitusi ? mari kita simak

HONDA VARIO TECHNO 125 & 150

Kampas sentrifugal biasanya mulai tergerus banyak ketika masa pakai motor sudah beranjak 2 tahun lebih. gejalanya, saat di gas kira kira kecepatan 0-40 km/jam, ada gejala getar atau geredek di area box CVT. kemungkinan itu akibat kampas ganda sudah mulai tipis.
      buat bongkar part ini, sobat harus siapkan kunci T8 mm untuk buka baut cover CVT. kemudian pakai spesial tool seperti tracker CVT sebagai penahan putaran. setelah tertahan gunakan kunci sok 14 untuk membuka puli belakang.habis itu otomatis puli bisa copot dari dudukan. lihat permukaan kampas ganda atau sentrifugan, bila sudah tergerus habis, segera ganti dengan yang baru "biar tahan lama kampas honda vario tecno 125 sobat bisa comot kampas ganda kepunyaan honda PCX 150" sebab kelebihan dari kampas ganda PCX 150 punya bahan shoe lebih bagus di banding punya vario tecno 125 karna kampas ganda PCX150 di bikn di thailand sedang vario tecno 125 bikinan lokal. memang sih harganya sekitar 400-450 ribu tapi sebanding tuk performanya.

SUZUKI SPIN/SKYDRIVE/SKYWAVE
untuk pengguna skubek suzuki lawas, seperti spin,skydrive,atau skywave tidak perlu pusing kalau part kampas sentrifugalnya tidak tersedia. pasalnya  kampas sentrifugal antara tiga tipe tersebut sama dan mirip dengan punya saudaranya mudanya yakni hayate.yang di jamin lebih siiip cengkramannya. karna permukaanya lebih panjang, sehingga cengkramannya pun lebih responsif.

HONDA BEAT KE YAMAHA MIO
keduanya memang rival karna sama sama menggunakan kapasitas mesi 110 cc. namun siapa sangka jika kampas sentrifugal atau kampas gandanya bisa saling tukar satu sama lainnya.ini emang trik lama untuk pengguna yamaha mio lama yang kampas gandanya sudah mulai bermasalah. trik untuk ganti kaampas ganda honda beat selain itu harganya juga murah yaitu kisaran 120 ribuan, sementara untuk yamaha mio di bandrol dengan harga kisaran 230 ribuan soalnya kalau punya beat, biasa beli bagian kampasnya saja tampa mangkuk koplig. selain itu kelebihan dari kampas ganda honda beat adalah profil kampas yang lebih tebal, sehingga akan lebih menggigit ke mangkuk koplingnya dan juga akselerasinya pun lebih cepat jadi selain murah juga meningkatkan performa sedikt sedang aplikasi ini cuma untuk motor mio lawas saja.

SUBSTITUSI PER CVT
Biker pengguna motor matic, banyak yang suka gonta ganti per CVT nya pakai punya motor lain, untuk mengangkat performa kendaraan di beberapa banyak merek dan model motor per CVT memang sih saling substitusi atau saling tukar yang penting, diameter lingkaran per CVT nya sama. beberapa motor yang punya diameter per CVT sama diantaranya honda vario series sama dengan beat,PCX yamaha mio sporty,NMAX dan suzuki Nex sedang untuk yamaha Xeon series yang punya diameter per CVT nya lebih kecil bisa menggunakan milik mio SOUL GT dan Mio GT.sedang untuk performa kebanyakan para mekanik memilih per CVT nya yang lebih panjang di bandingkan per standarnya. biasanya di pakai untuk membantu mempercepat tarikan bawah atau akselerasi sebab per yang panjang dapat memberi dorongan puli sekunder saat terjadi gaya sentrifugal. dengan begitu gerak puli menjadi lebih cepat dan responsif. TIP.. per CVT yang paling laris buat upgrade itu per honda PCX sebab dimensinya lebih panjang dari motor motor lain. tapi kalau mau lebih enak lagi bisa pakai per CVT kymco Free LX atau SR selain panjang per CVT kymco punya jarak per yang lebih renggang, jadi napas atasnya juga bisa di dapat karna puli tidak keburu menutup akibat per yang sudah rapat. 

UPGRADE ROLLER SILANG
seiring sering beredar mitos terutama di arena balap skubek, baik resmi maupun liaran. mengunakan roller dengan pemasangan di silang. bikn akselerasi motor lebih agresif maksudnya di silang adalah menggunakan roller yang beda ukuran di masing lintasan rollernya. kebanyakan pengguna roller silang ini beransumsijika tarikan motornya lebih enak ketimbang harus menggunakan roller dengan gram rata. namun apakah benar menggunakan roller dengan cara di silang jauh lebih baik ketimbang roller rata...? sebenarnya ini kembali ke krakter motornya. apa perlu menggunakan roller dengan bobot kombinasi yang pemasangannya di silang atau tidak. jadi dengan kata lain kalau setting mesin harus tahu dulu kurangnya di bagian mana. contoh ketika akselerasi motor napasnya agak cepat habis di putaran atas  karna roller yang di pakai masih terlalu enteng. maka itu di ganti beberapa rollernya di pakai yang lebih berat. misal yang tadinya di pakai rata 8 gram, nah dengan mencoba roller lain yang di ganti pakai 9 gram. bisa 3 biji atau 1 saja.tapi harus di perhatikan pemasangannaya ya. roller yang lebih berat tidak boleh di pasang di lintasannya secara acak atau asal asalan. untuk gnimbangi putaran mesin, roller yang lebih berat biasanya di taro di lintasan yang sejajar dengan arah piston saat posisinya berada di titik mati atas {TMA} ini ada hitungannya. jadi tidak boleh asal di silang bila belum paham kerakter mesin nya.

PAKAI PELOR BIAR BERAT

Bagi yang doyan oprek oprek part CVT skubek, dan binggung mau menggunakan roller yang lebih berat karna ubahan mesin mintanya begitu. sedang di pasaran jarang ada yang jual. nih ada solusinya, sobat bisa gunakan pelor bearing yang sudah tidak terpakai untuk menambah berat roller.caranya pelor bekas bearing di masukan kelobang roller lalu di lem besi. tapi sob engga bisa asal pasang pelor semua roller yang menggunakan pelor ini, beratnya harus sama. kalau perlu di timbang menggunakan timbangan emas jika berat diantaranya bisa mengakibatkan getar pada area CVT.

SUBTITUSI GIR REDUKSI SKUBEK YAMAHA


Bagi sobat pembesut yamaha mio sporty dan nouvo series yang sudah di upgrade mesinnya. pasti suka merasakan tarikan motor gampang menjerit, namun napas mesin seperti keteteran. apalagi di nouvo series yang gir rasionya enteng, tapi top speednya bakal engap engapan. tapi jangan putus arang sob itu karna perbandingan gir rasio gigi reduksinya jadi enteng setelah peforma mesin naik. mengakali hal itu, atur ulang saja rasio girnya pakai yang sedikit lebih berat. kebetulan gigi reduksinya bisa saling tukar dengan kepunyaan yamaha mio series woo di jamin napasnya bakal panjang kok bisa yaa..?
selidik punya selidik karna bodi dan rangka lumayan berat, oleh pabrikan rasio gir nouvo di bikin dengan kombinasi mata 12/43 beda dengan punya mio yang standar pakai 13/42. sebab bodi dan sasisnya  yang enteng. untuk barangnya sendiri juga enggak terlalu mahal kok sob. gir rasio yamaha mio di bandrol sekitar Rp 163 ribu namun untuk pengguna mio yang mau pakai rasio nouvo, bisa sedikit kecewa nih pasalnya partnya bsa mencapai Rp 500 ribuan tapi sobat bisa kok coba beli jual copotan di forum online lebih murah harganya.

OPREK PULI PRIMER

Matic lover yang doyan berakselerasi. tak sedikit yang ikutan oprek derajat kemiringan puli primer seperti pada pacuan balap, tapi bae bae nih sob jangan asal main bubut puli depan skubek ente sebab jika salah menerapkan derajat kkemiringannya, belt CVT skubek kesayangan bakal rawan slip. trus kok bisa begitu ?  kalau derajat puli terlalu curam (kecil) di sisi samping belt jadi tidak mengcengran permukaan puli primer secara sempurna. ada bagian yang tdak menggigit.perlu sobat ketahui sejat v-belt pada motor motor matik yang ada di indonesia, kebanyan punya kemiringan sisi samping 14 derajat jad jika sobat bubut ;kemiringan pulinya lebih kecil dari angka segitu, bisa di pastikan v-belt akan cepat kegerus atau cepat aus lantaran mudah selip. cara pengukuranya maksimal sekitar 13,8 atau 13,5 derajat masih okelah itupun kalau pakai v-belt baru. tarikan pertama motor tidak langsung bisa enak. sebab v-belt nya harus inreyen dulu sekitar 10 ribu km agar penyesuain dulu oprekan puli. beda dengan yang lama karena biasanya sudah melar. langsung sip

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons