BALANCING KRUK AS

      Proses balancing atawa balans ulang kruk as di motor bore up berbeda dengan balancing
motor standar. balancing di motor standar. hanya di butuhkan jika mulai kruk as tidak center. umumnya menyebabkan motor jadi bergetar hanya di setting atau di keto ketok supaya pergerakannya lancar dan lurus dan slanjutnya di balans.

       Berbeda dengan motor yang sudah di bore up. balancing termasuk menambah bandul atau bobot kruk as. tujuannya agar sesuai power mesin motor mendapat keseimbangan perputaran  rpm. balans ulang kruk as di butuhkan agar titik keseimbangan dalam mesin tetap terjaga. karna kruk as  berputar sangat cepat di dalam siklus motor 4 tak terlebih bila motor sering digeber di RPM tinggi. balans kruk as itu wajib hukumnya apabila sudah ganti piston. dengan bobot yang beda dari standarnya.

        "Selama ini orang tahunya cuma kalau stroke up mesti bandul ulang kruk as. padahal kalau ganti piston, apalagi dengan diameter lebih besar dan berat, hukumnya juga wajib di balans" jelas para ahlinya
        Tuh, jadi intinya kalau sobat berniat untuk bore up mesin, kudu balans kruk as tapi kalau pistonya di ganti dengan standar, namun hanya oversize ukuran maksimal 100 balans kruk as  engga sepenuhnya di perlukan. karna masih dalam batas toleransi standar. kecuali bila berat piston pengganti ada selisih lebih di atas 50 gram. itu baru di perlukan banlancing pada kruk as.

        Sebenarnya, yang mesti di pahami atas semua ini adalah esensi dari cara kerja kruk as itu sendiri. seperti prakteknya, kruk as itu merupakan pelontar dari energi kinetik yang di hasilkan oleh suatu gaya gerak sebuah siklus, dengan membalans ulang bandul kruk as, maka tendangan bandul saat langkah kerja maupun langkah buang dapat di optimalkan. pemberat atau balancer yang ada pada kruk as di rancang untuk mengibangi berat setang dan pistos. bandul, piston, dan setang adalah bagian yang bersinergi satu dengan yang lainnya. dari awal, pabrikan sudah sangat memperhitungkan ketiga bagian ini. jadi sedikit saja perubahan yang di lakukan pada salah satu dari ketiga bagian ini, pasti berpengaruh pada daya tahan mesin.

        yang paling sering terjadi di antara satu kesalahan ketiga bagian adalah mesin jadi lebih bergetar dari sebelumnya, makanya kalau naik stroke dan ganti piston dengan diameter yang lebih besar atau berat berbeda wajib bandul ulang kruk as.

        saat ini banyak beredar paket bore up instan. itu loh bore up pake mie instan ups salahhhh... sorry ngelantur. maksudnya bore up sistem paketan yang di sertakan peketan, contoh paket bore up piston 62 mm buat yamaha nmax (standar 58 mm) seharusnya bila pakai paketan itu. wajib bandul ulang kruk as, karna hampir di pastikan, bobot piston berbeda dengan standar.ini saja sekelumit tentang tentang wajib balancing kruk as moga manfaat bagi sobat yang ganti piston yang diatas standar

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons